Hempaskan Dental Anxiety Bersama SATU Dentour

by - October 18, 2024


Apakah kamu pernah merasakan kecemasan, takut hingga merasa stress terkait dengan perawatan gigi?  Jika pernah maka bisa jadi kamu mengalami dental anxiety. Biasanya sih, orang yang mengalami dental anxiety akan merasakan gejala mual, pusing, gemetar, jantung berdebar hingga muncul pikiran-pikiran negatif manakala ia harus berkunjung ke dokter gigi. Penyebabnya bisa macam-macam, misalnya pernah punya trauma atau pengalaman buruk saat berkunjung ke dokter gigi, takut merasa sakit atau memang memiliki riwayat gangguan kecemasan secara umum.

Berdasarkan Jurnal yang diterbitkan oleh National Library Of Medicine pada Tahun 2022, Dental Anxiety merupakan salah satu kondisi umum yang dialami oleh masyarakat. Hal ini menjadi penyebab beberapa orang menghindari perawatan gigi sehingga berakibat pada menurunnya kualitas hidup seseorang terkait kesehatan mulutnya. Faktor yang mempengaruhi Dental Anxiety meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan serta status ekonomi. 

Data Dental Anxiety di Amerika. Sumber : savannahsmiledesigns.com

Pada orang dengan usia lebih tua, rasa takut untuk pergi ke dokter gigi atau dental anxiety mungkin tidak sebanyak yang dialami oleh mereka yang berusia lebih muda atau anak-anak. Kaum perempuan lebih rentan mengalami dental anxiety serta pada orang dengan tingkat pendidikan tinggi mengalami lebih sedikit kecemasan terhadap perawatan gigi karena mereka memiliki pemahaman terhadap perawatan gigi yang lebih tinggi dibandingkan dengan seseorang yang memiliki pendidikan lebih rendah. Selain itu kondisi keuangan juga berperan dalam meningkatkan terjadinya dental anxiety, karena seorang pasien menganggap bahwa biaya perawatan gigi umumnya mahal. Itulah sebabnya orang dengan status sosial ekonomi yang lebih tinggi, rata-rata tidak mengalami dental anxiety saat menjalani perawatan gigi.

Perawatan Gigi Itu Penting

Perawatan gigi dan mulut tidak hanya penting untuk menunjang penampilan dan menjaga senyum yang indah, namun juga untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Contohnya saat ada gigi atau gusi yang mengalami infeksi dan tidak segera ditangani maka kuman penyebab infeksi dapat menyebar ke organ tubuh lain. Beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa kesehatan gigi dan mulut yang kurang terjaga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tertentu seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes. 

Mulut kita dapat diibaratkan sebagai pintu gerbang tubuh. Jika kita sedang mengalami gangguan pada kesehatan gigi dan mulut tentunya kita akan merasakan tidak enak makan, tidak nyaman saat berbicara dan jika hal ini terjadi pada anak-anak tentu akan sangat mengganggu proses penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Bagaimana nutrisi bisa masuk ke dalam tubuh jika pintu gerbangnya saja sedang bermasalah?

Foto : Dokumen Pribadi
Mengingat begitu pentingnya merawat gigi maka perawatan gigi seharusnya dimulai sejak dini yaitu pada usia anak-anak. Perawatan gigi pada anak dapat mencegah terjadinya karies gigi, masalah gigi permanen di masa depan, mempertahankan fungsi pencernaan yang baik, meningkatkan kesehatan anak secara umum serta membiasakan perawatan gigi yang baik pada anak. Itulah sebabnya saya sendiri juga sangat concern dalam membiasakan anak saya untuk merawat gigi sejak masih kecil yaitu dengan cara mengajarkan mereka untuk menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari yaitu sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur malam serta periksa gigi ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Bagi keluarga saya, berkunjung ke dokter gigi tidak harus menunggu ada masalah gigi seperti gigi berlubang dan sebagainya. Namun kunjungan ke dokter gigi merupayakan upaya pencegahan sebelum terjadi masalah kesehatan gigi dan mulut yang lebih serius. Biasanya saya dan anak-anak berkunjung ke dokter gigi untuk memeriksa apakah ada lubang pada gigi serta melakukan pembersihan plak atau karang gigi dengan tindakan scalling.

Cara Mengatasi Dental Anxiety

Dental anxiety juga pernah dialami oleh anak saya saat pertama kali berkunjung ke dokter gigi. Mungkin karena anak-anak merasa agak ngeri ketika melihat peralatan dokter gigi yang tampak menakutkan atau saat ia mendengar suara alat yang digunakan untuk scalling. Namun dengan pendampingan orang tua serta komunikasi yang baik dari sang dokter gigi maka anak saya dapat mengatasi masalah dental anxiety tersebut dan berani menjalani pemeriksaan gigi. 

Dental anxiety memang bisa menjadi penyebab seseorang menghindari kunjungan ke dokter gigi, namun sebenarnya ada cara untuk mengatasi masalah ini yaitu :

  1. Mengkomunikasikan perasaan cemas atau takut kepada dokter gigi secara terbuka
  2. Menyampaikan pertanyaan kepada dokter gigi tentang hal-hal yang membuat cemas sehingga kita mendapatkan penjelasan yang benar dari dokter gigi
  3. Menyampaikan secara jujur kepada dokter gigi, apabila kita merasa ingin jeda sebentar saat sedang menjalani tindakan perawatan gigi
  4. Menggunakan headphone atau earphone apabila merasa sangat terganggu dengan suara peralatan dokter gigi
  5. Menggunakan stress ball atau fidget toy yang dapat menyibukkan tangan, sehingga mencegah kita untuk menggigit kuku atau jari saat sedang mengalami kecemasan menjalani perawatan gigi
  6. Mengunjungi SATU Dentour untuk curhat masalah gigi gratis bersama ahlinya

Periksa gigi pertama sambil dipangku mama untuk mengatasi Dental Anxiety

Hempaskan Dental Anxiety Bersama SATU Dentour

Dental anxiety yang pernah dialami oleh anak saya, tentunya juga pernah dialami oleh anak-anak lain bahkan mungkin juga orang dewasa lainnya. Namun kini Dental Anxiety sudah tidak bisa lagi dijadikan alasan untuk malas ataupun menghindari kunjungan ke dokter gigi karena SATU Dental punya inovasi yang sangat bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang mengalami Dental Anxiety yaitu SATU Dentour.

Tentang SATU Dentour

Klinik Gigi SATU Dental selalu berupaya menyediakan pelayanan terbaik untuk berbagai permasalahan gigi seperti behel gigi, bleaching gigi, veneer gigi, pembersihan karang gigi, perawatan gigi anak, dental spa, cabut gigi, implan gigi, tambal gigi, gigi palsu, perawatan akar gigi, perawatan gusi, perawatan mahkota gigi dan konsultansi permasalahan gigi lainnya. SATU Dental didukung oleh Dentist Team yang profesional, terlatih dan bersertifikat dari universitas unggulan serta berpengalaman dalam memelihara dan memperbaiki kesehatan gigi dan mulut, termasuk dalam melakukan diagnosis, pencegahan dan perawatan masalah gigi dan gusi pasien. Dokter gigi di Klinik Gigi SATU Dental juga menggunakan teknik serta peralatan yang canggih sehingga dapat meminimalisir rasa sakit dan ketidaknyamanan selama pasien menjalani perawatan gigi. Klinik gigi SATU Dental dapat ditemukan di 48+ lokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya.

Sumber gambar : satudental.com

Klinik Gigi SATU Dental kini punya inovasi layanan berupa mobil klinik gigi keliling pertama di Indonesia yaitu SATU Dentour. Ini merupakan sarana untuk curhat gratis masalah gigi dimanapun dan kapanpun. Kita bisa curhat masalah gigi langsung ke dokter gigi di mobil yang desainnya dibuat khusus menyerupai klinik gigi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, serta memperlihatkan kepada masyarakat bahwa ke dokter gigi itu tidak menakutkan. SATU Dentour ini mengadakan event  secara keliling di tempat tertentu dengan jadwal yang bisa di cek disini. Kita juga bisa booking jadwal konsultansi SATU Dentour sebelumnya melalui website loh.

Dengan memanfaatkan layanan SATU Dentour, kita bisa curhat masalah gigi dengan suasana yang berbeda dengan suasana di klinik gigi pada umumnya. Selain bisa curhat, SATU Dentour juga menyediakan layanan fun games untuk para pengunjung. Curhat masalah kesehatan gigi di mobil tentu suasananya  akan terasa lebih santai dan menyenangkan juga untuk anak-anak. Tidak perlu merasa khawatir  dengan biaya konsultansi yang mahal karena curhat masalah gigi di SATU Dentour ini GRATIS! 

Sumber Foto Pendukung : Satudental.com

Secara psikologis sesi curhat ini bisa mengurangi Dental Anxiety yang dialami pasien, karena dengan curhat pada orang yang tepat maka kita akan mendapatkan informasi dan solusi yang tepat pula bagi permasalahan gigi yang sedang kita alami.

Manfaatkan Promo Menarik dari SATU Dental

Well, kalau sudah curhat dan mendapatkan solusi dari SATU Dentour maka dokter gigi akan merekomendasikan perawatan gigi lebih lanjut di klinik SATU Dental terdekat. Mungkin seorang pasien akan kembali mengalami Dental Anxiety ketika dihadapkan pada biaya perawatan gigi yang mahal. Tapi nggak perlu merasa khawatir berlebihan juga sih, karena Klinik gigi SATU Dental menawarkan berbagai promo perawatan gigi dengan harga lebih bersahabat yang bisa dicek disini atau via  instagram @satudental dan @satu4kids. 

Sayangnya..klinik SATU Dental dan layanan SATU Dentour ini belum tersedia di kota tempat tinggal saya. Padahal saya pengen banget bisa mengunjungi SATU Dentour untuk konsultasi masalah pemasangan kawat gigi. Jujur saja sejak dulu saya ingin merapikan gigi saya tapi selalu mengalami Dental Anxiety setiap kali mau konsultansi biayanya ke dokter gigi..hehehe. 

Sumber gambar : Satudental.com

Di klinik SATU Dental saya cek ada promo kawat gigi premium yang menawarkan diskon sampai 37% dan promo kawat gigi reguler yang menawarkan diskon hingga 68%. Wah..siapa yang nggak mau kalau ditawarin promo semenarik ini. Semoga saja Klinik SATU Dental dan layanan SATU Dentour segera hadir di kota saya dan bisa menghempaskan Dental Anxiety yang saya rasakan tersebut.

Jadi bagaimana, apakah kamu termasuk orang yang mengalami Dental Anxiety? Jangan ragu untuk memanfaatkan layanan SATU Dentour dan hempaskan jauh-jauh Dental Anxiety !

Referensi :

1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9777862/

2. https://www.satudental.com/

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)